Kamu Fresh Graduate, Ini 6 Tips mengisi waktu luang bagi kamu yang belum mendapatkan pekerjaan





Sulitnya mencari pekerjaan di zaman modern saat ini membuat sebagian orang pesimis dan pasrah dengan keadaan yang mereka alami. Apalagi bagi kalangan muda dan Fresh graduate. Tekanan di dunia profesional yang jauh berbeda dengan dunia kampus membuat para pencari kerja mudah menyerah dan tidak berani untuk mencoba hal-hal baru. Tidak sedikit dari mereka yang merasa minder dan rendah diri dengan kemampuan yang mereka miliki. Belum lagi beban moril di masyarakat sebagai “pengangguran” bisa menurunkan semangat kamu untuk berkarir dan membangun masa depan. Padahal masa – masa kosong tersebut bisa diisi dengal hal-hal positif. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan sambil menunggu panggilan kerja.

1. Positif Thinking 


Menyandang gelar akademisi terkadang menimbulkan beban moril bagi para fresh graduate dan jobseeker yang menganggur. Tekanan dari orang tua atau dari lingkungan sekitar kadang membuat perasaan menjadi down dan merasa menjadi pribadi yang tidak berguna. Buang jauh-jauh perasaan tersebut karena kamu adalah salah satu dari sekian banyak orang yang terpilih yang telah memalui tahap proses filterisasi pada masa perkuliahan dengan bukti gelar dan ijazah yang kamu terima. Pengangguran tidak selamanya orang yang tidak berguna dan bodoh tetapi hanya kurang beruntung dan belum mendapatkan kesempatan. So jangan biarkan rasa frustasi melemahkan batin dan tekad kamu. Buatlah target dan planning sehingga kamu tau apa hal-hal yang mesti kamu perbuat sekaligus mampu melecut semangat kamu untuk bangkit dan tidak kalah oleh keadaan.


2. Gali Potensi Yang Kamu Miliki


Banyaknya waktu yang terbuang untuk hal sia-sia ketika masa perkuliahan membuat kamu belum mengeksplorasi diri secara maksimal. Dengan waktu luang yang relatif banyak, pengangguran bisa mempelajari hal-hal yang positif dan negatif yang ada di diri mereka. Membaca buku atau artikel di internet tentang cara mengetahui bakat yang anda pendam bisa menjadi pilihan untuk merangsang potensi yang kamu punya.


3. Belajar ilmu baru            

                

Salah satu hal mengapa banyak fresh graduate atau jobseeker yang belum mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan adalah kualifikasi yang mereka punya belum mencukupi standar yang dibutuhkan oleh perusahaan atau posisi pekerjaan yang diinginkan. Manfaatkan waktu luang kamu untuk mempelajari ilmu baru. Tidak ada salah nya jika lulusan IT mempelajari ilmu ekonomi atau Seorang yang berlatar belakang Hukum mempelajari ilmu tentang psikologi. Siapa tau ilmu yang kamu pelajari tersebut bisa bermanfaat untuk pekerjaan dan karir kamu dimasa depan.


4. Refresh ilmu yang sudah dipelajari



Pelajari kembali ilmu yang telah kamu dapatkan dikampus. Jadi ketika nantinya kamu sudah mendapatkan pekerjaan dan ilmu tersebut dibutuhkan maka kamu sudah siap dan tidak membuang-buang waktu untuk mengingat kembali  atau membuka catatan kamu ketika kuliah.


5. Rajin membaca       



Membaca selain dapat menambah wawasan juga dapat menstimulus otak agar lebih cerdas. Karena ketika kamu membaca kamu akan mencerna dan menelaah bahan bacaan tersebut, sekaligus menambah fokus kamu terhadap sesuatu. Selain itu membaca tema bacaan yang kamu sukai dapat membuat kamu rileks dan enjoy.


6. Jaga Koneksi dan Relasi




Manusia sebagai makhluk sosial tentunya membutuhkan orang lain untuk membantu menemukan solusi bagi permasalahan hidupnya. Jaga komunikasi dengan para sahabat dan kerabat ketika kamu tengah kalut atau deadlock. Terkadang tekanan sebagai pengganguran membuat strees dan putus asa. Gunakan waktu luang untuk berkumpul bersama teman dan keluarga. Selain sarana untuk bertukar pikiran,  kamu juga bisa mengobrol dan bercanda untuk mendapatkan suasana yang rileks guna menjernihkan pikiran. menjaga hubungan relasi dengan orang terdekat dapat memberikan pengaruh positif bagi kamu. Seperti info lowongan kerja atau bantuan finansial selama kita belum mendapatkan pekerjaan.



Sumber gambar (https://www.pexels.com)

Comments

Popular posts from this blog

4 Kebiasaan Baik Yang Mempengaruhi Hidup

Bisa Karena Terbiasa

Mengapa Orang Kaya Menjadi Lebih Kaya Dan Orang Miskin Menjadi Lebih Miskin ?