Tips Menghadapi Kegagalan

https://www.pexels.com


Siapa sih manusia didunia ini yang ga pernah gagal. Seperti kedua sisi mata uang, kegagalan dan keberhasilan silih berganti datang di kehidupan kita. Para ahli dibidangnya dan orang - orang sukses saat ini pun merupakan orang – orang yang dulu acap kali gagal. Namun mereka tidak kenal Lelah dan menolak untuk menyerah untuk mengejar kesuksesan mereka.  Nah, untuk menginspirasi kamu bangkit dari kegagalan. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.


A.  Menerima

 

 


Hal pertama yang harus kita lakukan ketika mengalami kegagalan adalah menerima kegagalan tersebut. Tak perlu banyak pembenaran dan terima keadaan, Justru semakin kamu berkelit dan tidak terima dengan kegagalanmu, semakin berat beban moril yang kamu rasakan. Cobalah melihat kegagalan ini dari sudut pandang yang objektif yakin saja dibalik kegagalan yang kamu hadapi saat ini selalu ada hikmah dan value yangg bisa kamu dapatkan.  Ikhlas dan fokus pada solusi kedepan insya allah kegagalanmu akan berubah menjadi landasan awal bagi kesuksesan kamu di masa depan


B.  Tidak larut dalam kesedihan

 

Kegagalan memang akrab dengan kesedihan. Orang – orang yang mengalami kegagalan cenderung larut dalam kesedihan, merasa rendah diri, hilang kepercayaan diri dan gemar mengucilkan diri dari lingkungan sekitar. Sedih itu wajar namun jangan sampai berkepanjangan karena hal itu hanya membuang waktu kamu. jangan terbawa suasana, karena semakin kamu sedih semakin banyak efek negatif yang timbul. Kamu bisa saja jatuh sakit dan makin memperparah keadaan. Jika kamu terus menerus larut dalam rasa sedihmu toh solusi pun tidak akan kamu dapatkan. Kendalikan rasa sedihmu mulailah berkumpul Bersama sahabat – sahabat mu atau sekedar menonton video – video lucu di youtube. Relaks dan mulai bahagiakan dirimu.


C.  Membaca kisah / kiat sukses

 

 
Biasanya ketika kamu sedang gagal kamu merasa menjadi makhluk paling sedih sendiri dan orang paling ga berguna didunia. Tenang kamu bukan orang pertama yang gagal kok. Yang gagal bukan Cuma kamu aja. Masih banyak orang - orang didunia ini yang setelah merasakan kegagalan mereka mampu bangkit dan menuai apa yang mereka cita - citakan. Makanya untuk bangkit dari kegagalan kamu, kamu bisa belajar dari kisah – kisah orang sukses yang berhasil keluar dari masa – masa kegagalannya. Tiru cara mereka bangkit dari kegagalan, dengan begitu kamu punya semangat baru dan inspirasi hal – hal apa saja yang mesti kamu lakukan.


D.  Berkumpul dengan orang – orang positif


 

Tips selanjutnya yang ga kalah penting, ketika kamu gagal kamu jangan suntuk sendiri dan mengurung diri dirumah. Bergerak lah dan keluar dari kamarmu. Ajak teman – teman dan sahabat mu berkumpul untuk sekedar ketawa ketiwi atau meminta masukan darinya atau kamu bisa datang ke kajian keagamaan yang bisa menenangkan hati kamu atau mungkin kamu bisa datang ke seminar pengembangan diri yang membangkitkan semangatmu dan menambah skillmu. Dengan begitu kamu bakalan dapat inspirasi dan sudut pandang baru untuk bangkit dari kegagalan.


E.  Kendalikan Ketakutan





Ketika kamu gagal biasanya kamu takut untuk memulai sesuatu yang baru. Kegagalan – kegagalan kamu dimasa lalu menghantui kamu dan kamu jadi tidak berani untuk mencoba hal baru. Tenang sob kamu ga se-sial itu. Bukan berarti kalau kamu sekarang gagal terus apa yang kamu lakukan di masa yang akan datang akan berulang dengan kegagalan lagi. Kendalikan rasa takutmu dan mulai lah dengan hal – hal yang menurut kamu mudah. Coba deh kamu perhatiin orang – orang sukses dan ngetop yang ada di kolong langit, mereka  berhasil karena mereka mampu dan berani melawan rasa takutnya. Ga ada yang ga mungkin di dunia ini sob dan semuanya akan bisa karena terbiasa. Jadi mulai sekarang jangan takut lagi ya buat mencoba.


F.  Optimis

 


Masa depan tak sesuram apa yang kamu pikirkan. Berpikir positif itu perlu, karena dia menjadi magnet untuk mendatangkan kesuksesan kamu. Sering – sering baca buku motivasi atau akun – akun positif yang ngasih quote penyemangat di sosial media. Dengan begitu kamu punya energi baru untuk membangun semuanya dari awal. Memang itu semua tidak mudah namun selalu ada kesempatan bagi orang – orang yang mau berusaha. tidak ada manusia yang sukses yang tidak melewati proses yang bernama “kegagalan”. Jadikan kegagalan ini sebagai tempat untuk menempa kalian menjadi pribadi yang lebih baik. Usaha maksimal dan mintalah petunjuk kepada Yang Maha Kuasa. Tetap bertahan dan berani mencoba sesering apapun kamu gagal.


Sekian tips dari saya semoga bermanfaat.. Enjoy Youre Day :)

Sumber gambar (www.pexels.com) 

Comments

Popular posts from this blog

4 Kebiasaan Baik Yang Mempengaruhi Hidup

Bisa Karena Terbiasa

Mengapa Orang Kaya Menjadi Lebih Kaya Dan Orang Miskin Menjadi Lebih Miskin ?