Kisah brand "NIKE", bermula dari RP 16 juta rupiah kini menjelma menjadi raja brand dunia




Siapa yang ga kenal brand "NIKE" di indonesia mulai dari anak SMA sampai Presiden tak luput untuk menggunakan peralatan yang dijual oleh brand ini. mulai dari yang original sampe yang kw (khas negeri +62) brand ini merajai penjualan apparel nasional maupun internasional.

Strategi bisnis yang diterapkan oleh brand olahraga NIKE tidaklah main - main. Berkat penerapan yang baik, mereka berhasil menjadi merek ternama dan terdepan di dunia

Namun dibalik itu semua ada kisah inspiratif dibalik kesuksesan brand berlogo centang ini. Kisah ini bermula ketika NIKE didirikan oleh Bill Bowerman dan Phil Knight pada tahun 1964 silam.

Dengan modal pinjaman bank sebesar US$ 1.200 atau Rp 16 Juta saat ini. Dulu namanya masih Blue Ribbon Sports sebelum akhirnya di tahun 1971 bertransformasi nama menjadi NIKE dan konsisten  hingga detik ini.

Kini mereka sudah menjelma sebagai rajanya brand dengan duta megabintangnya di dunia olahraga seperti Cristiano Ronaldo dan Neymar. Untuk menjadi sebesar saat ini, bagaimana siasat bisnis yang dijalankan oleh NIKE ?

Berikut ulasannya seperti yang dikutip dari Profit Works :

1. Jor - joran kalau soal marketing 

Stragegi bisnis terjitu yang dilakukan NIKE untuk meningkatkan penjualan mereka adalah dengan berinvestasi besar - besaran ke pemasaran. Pemasaran dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan iklan dan sponsorship.

2. Selalu berinovasi dengan teknologi baru

Sebagai brand olahraga, Nike tak henti - hentinya untuk terus berinovasi mengalahkan kompetitornya. Berbagai teknologi dan fitur - fitur canggih mereka sematkan di setiap tipe dan jenis sepatunya.

3. Gak terpaku terhadap satu produk dan melakukan ekspansi

Dari merk Nike saja mereka sudah laris manis, tapi ternyata para manajemen merk yang berbasis di amerika serikat ini gak puas kalo cuma satu doang. Mereka pun akhirnya mengakuisisi beberapa merk besar untuk berada dibawah naungan Nike Inc. contohnya seperti UMBRO. Strategi ekspansi bisnis inilah yang membuat mereka sukses menjaga eksistensi mereka hingga saat ini.

4. Menaruh perhatian penuh terhadap kualitas produk yang diciptakan

Agar tetap bertahan, strategi bisnis Nike yang gak kalah penting adalah menomorsatukan kualitas produk yang mereka buat. Mereka berani menjamin produk yang diluncurkan berdaya tahan lama, sehingga wajar kalau harga setiap produknya terbilang mahal.


Konten ini terinspirasi dari akun instagram https://www.instagram.com/p/B0JGrzgpKQ6/catatanpebisnis



Comments

Popular posts from this blog

4 Kebiasaan Baik Yang Mempengaruhi Hidup

Bisa Karena Terbiasa

Mengapa Orang Kaya Menjadi Lebih Kaya Dan Orang Miskin Menjadi Lebih Miskin ?