Skill yang perlu kamu miliki untuk mencari kerja di zaman millenial
Di era millennial ini, sudah menjadi rahasia umum bila mencari
pekerjaan adalah hal yang tidak mudah. Faktanya banyak sarjana dari
berbagai perguruan tinggi kesulitan mencari pekerjaan. Saat mencari
pekerjaan, tidak hanya nilai akademis saja yang harus diperhatikan,
namun soft skill juga menjadi salah satu hal penting. Bahkan ada
perusahaan yang lebih memilih pegawai dengan softskill bagus dari pada
hanya nilai akademis saja.
Soft skill secara umum memepengarui cara berfikir dan bertingkah
laku. Beberapa perusahaan bahkan ada yang lebih mengutamakan calon
pegawai yang mempunyai soft skill bagus dari pada hanya sisi akademis
saja. Lalu, apa saja soft skills yang dibutuhkan dalam dunia kerja menurut para HR?
Kemampuan berkomunikasi
Salah satu soft skill yang harus dikuasai adalah kemampuan
komunikasi. Sejak dari kecil kita semua diajari cara berkomunikasi yang
baik kepada orang tua, sesama teman, dan yang lebih muda. Kemampuan
komunikasi kita menunjukkan seberapa bagus kita menghadapi orang lain.
Dengan komunikasi, kita juga bisa membangun koneksi yang baik dengan
klien dan kolega.
Selain kemampuan komunikasi, soft skills yang juga
dibutuhkan dan berhubungan dengan komunikasi adalah public speaking.
Kemampuan berbicara didepan umum bukanlah hal yang mudah. Ada banyak
orang yang mengaku tidak percaya diri untuk melakukan presentasi atau
sekedar berbicara di depan orang lain. Tanpa kemampuan komunikasi yang
bagus, kerja tim akan terganggu dan bahkan menyebabkan salah paham.
Kemampuan beradaptasi
Menurut 49% HR dari berbagai persahaan menyatakan bila kemampuan
beradaptasi adalah nomor dua yang paling penting. Hal ini karena
biasanya bekerja di perusahaan mempunyai kondisi dan situasi yang
berbeda dengan di kampus. Sehingga, kemampuan beradaptasi dengan cepat
sangat dibutuhkan agar bisa bekerja dengan baik. Tidak hanya untuk calon
pekerja baru, kemampuan beradaptasi juga harus dimiliki setiap pegawai
karena selalu ada kemungkinan perubahan dalam perusahaan seperti
restruktusisasi pimpinan, pergantian pekerjaan, dan sejenisnya namun
pegawai tetap harus bisa mempertahankan kinerja mereka.
Analisis kuantitatif
Data adalah hal yang sangat penting disetiap perusahaan. Oleh karena
itu, calaon pegawai baru dituntut untuk mampu menganalisis, mengatur,
dan menafsirkan data-data di perusahaan dan kemudian menyusun strategi
atau pemecahan masalah yang dibutuhkan. Meskipun anda tidak mengambil
kuliah dengan jurusan yang linier dengan analisis data, kemampuan ini
tetap bisa diperlajari secara otodidak.
Kemampuan berfikir kreatif
Di era milenial ini, kemampuan berfikir kreatif adalah modal utama.
Dengan kemampuan berfikir secara kreatif, anda mampu memberikan
terobosan-terobosan baru yang sebelumnya belum terfikirkan oleh
perusahaan. Kemampuan berpikir kreatif ini sangat penting terlebih bila
anda ingin bekerja diindustri kreatif seperti periklanan, fashion,
design, dan lain sebagainya.
Low profile dan ramah
Low profile dan ramah sepertinya bukan sesuatu yang akan dibutuhkan
saat mencari kerja, tapi siapa sangka kepribadian yang seperti ini
ternyata dibutuhkan oleh perusahaan. Perusahaan akan menghargai karyawan
yang mempunyai kemauan untuk belajar hal yang baru dan tidak menganggap
diri mereka paling tahu. Menjadi rendah hati dan ramah memang bukan
sesuatu yang bisa dipelajari karena hal ini berhubungan dengan
kepribadian seseorang. Namun tidak ada salahnya untuk selalu menunjukkan
semangat dan rendah diri secara spontan karena memang hal tersebut
dibutuhkan.
Selain itu, bersikap rendah diri juga berarti mau menerima feedback
dan saran dari orang lain. Ada beberapa orang yang sudah menganggap
pekerjaan mereka paling bagus, lantas tidak menerima feekback atau saran
dari orang lain. Oleh karena itu, dibutuhkan kebesaran hati agar mau
menerima feedback dan saran dari orang lain demi kebaikan diri sendiri.
Kemampuan berbahasa
Kemampuan komunikasi memang sesuatu yang penting dalam bekerja, namun
kemampuan berbahasa juga tidak kalah penting. Dengan dibukanya MEA, mau
tidak mau anda harus mengembangkan kemampuan berbahasa selain bahasa
Indonesia. Hampir semua perusahaan kini menuntuk pegawai mereka untuk
mampu berbahasa asing minimal bahasa Inggris. Bukan sekedar untuk
komunikasi, kini perusahaan juga banyak yang mengembangkan bisnis dengan
bekerjasama dengan perusahaan luar negeri. Jadi, mau tidak mau anda
harus menguasai setidaknya satu bahasa asing.
Kemampuan komputer
Di era millennial ini, hampir semua hal sudah terintegrasi dengan
teknologi seperti komputer atau smartphone. Hampir semua bidang
pekerjaan sepertu pendidikan, kesehatan, pemerintahan, dan sebagainya
sudah menerapkan teknologi dalam praktik mereka. Secara umum, anda harus
memiliki kemampuan dasar komputer seperti MS.Word, Excel, dan
sejenisnya. Namun bila anda menguasai program lain seperti Corel atau
AutoCAD akan menjadi nilai tambah.
Manajemen waktu
Soft skill yang paling dibutuhkan adalah manajemen waktu.
Ketika bekerja dengan perusahaan, anda harus siap untuk bekerja dibawah
tekanan dan sanggup menyelesaikan tugas tepat waktu. Bagi karyawan baru
bekerja dengan manajemen waktu yang ketat mungkin cukup mengagetkan.
Namun selama anda mau belajar untuk mengikuti ritme perusahaan,
manajemen waktu seharusnya bukan menjadi masalah yang besar.
Kerjasama tim
Dalam suatu perusahaan, biasanya dibagi menjadi beberapa tim untuk
menyelesaikan tugas-tugas. Meskipun terdengar sepele, namun nyatanya
tidak semua orang mampu bekerja dalam tim. Ada beberapa orang yang lebih
nyaman bekerja sendiri dari pada bersama orang lain, ada pula yang
cepat beradaptasi. Bagaimanapun juga dalam membangun kerjasama tim yang
solid dibutuhkan kemampuan pengendalian emosi karena setiap orang
mempunyai kemampuan dan kepribadian yang berbeda.
Sumber https://www.urbanhire.com/blog/jadi-keterampilan-apa-yang-paling-penting-menurut-hr/
Comments
Post a Comment