Minggu, 21 April 2013

Memahami Kesuksesan

Saya mau bagi-bagi pengetahuan sedikit yaitu memahami kesuksesan.
Langsung mulai aja.

Sering kita mendengar orang yang mengeluh atas nasibnya. "Mengapa hidup ini tidak adil? Kenapa orang lain bisa dengan mudah sukses dan memiliki harta yang berlimpah, namun saya tidak? Mengapa Tuhan berlaku tidak adil, padahal saya sudah banting tulang bekerja keras siang-malam dan tak pernah berhenti berdoa?

Orang yang sukses tidak langsung dilahirkan sukses. Mereka bisa menjadi sukses karena telah menetapkan pilihan melalui keputusan2 yg telah mereka buat.Dengan kata lain,bahwa nasib seorang bukanlah suatu keberuntungan yg datang secara kebetulan, tetapi merupakan pilihan yg anda tetapkan melalui keputusan2. Sebagaimana janji Allah dalam firman-Nya:"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib seseorang, hingga ia sendiri berusaha utk mengubah keadaannya sendiri(QS:Ar-Ra'd:11)"

Kesuksesan bukanlah suatu keberuntungan yg datang secara keberuntungan, tetapi merupakan hasil akumulasi dari berbagai hal yg telah dilakukan dlm sebuah perjalanan hidup seseorang.
Contoh: Ketika masih sebagai karyawan, si A sering mendengar teman2 mengatakan:" Wah.. kamu sangat beruntung, bisa menjadi kepala pabrik disebuah perusahaan Jepang." Si A bereaksi dgn cepat atas pernyataan itu:"Ini bukan suatu keberuntungan yg jatuh dati langit, tapi hasil perjuangan dan KERJA KERAS!".
Hasil kerja keras, karena semua orang yg sukses itu WORK-HARD(yg tidak sama dgn HARD-WORK). Orang yg work-hard adl orang yg bekerja keras dgn penuh hati dan ikhlas, sementara org yg hard-work adl orang yg bekerja keras dgn perasaan terbebani atau tepaksa oleh pekerjaan yg dilakukannya.

satu:
Kesuksesan tidak ditentukan oleh keturunan.Banyak contoh orang2 yg sukses tetapi tidak demikian dgn anak2 mereka, atau sebaliknya. Banyak orang tua yg hidup pas-pasan, namun anak2 mereka hidup sukses.



dua:
Kesuksesan tidak ditentukan oleh wajah yg menarik.Lihatlah orang2 terkenal di Indonesia. Ada diantara mereka yg konon memiliki "wajah ndeso" tapi sangat sukses.


tiga:
Kesuksesan tidak dtentukan oleh IQ seseorang.Banyak orang yg cerdas atau ber-IQ tinggi memiliki Indeks Prestasi(IP) yg tinggi saat kuliiah atau juara kelas saat sekolah tetapi tidak berhasil dalam kehidupan merekea, sementara yg ber-IQ pas-pasan justru berhasil.


APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN KESUKSESAN?

Pertama, sukses berarti mencapai apa yg anda inginkan. Misalnya ketika anda bercita-cita utk mejadi seorang dokter, kemudian anda kuliah di Fakultas Kedokteran dan lulus menjadi seorang dokter. Kemudian anda berharap menjadi seorang dokter spesialis bedah/kandungan atau yg lainnya, lalu terwujud, makan anda dapat disebut org yg sukses.
Dari pemahaman diatas, kesuksesan bisa terjadi berulang-ulang kali. Semakin sering anda menciptakan keinginan atau cita-cita, semakin besar pula peluang anda meraih berbagai kesuksesan.
Karena itu, bangunlah terus impian-impian anda selanjutnya. "Kesuksesan itu berawal dari Impian. Jika anda tidak pernah memiliki impian, kesuksesan tidak akan pernah menghampiri anda".

Kedua, sukses berarti mampu memaksimalkan semua potensi didalam diri. Orang-orang sukses adl mereka yg mengetahui potensi diri mereka dan mampu memanfaatkannya utk meraih sebagai prestasi dan keberhasilan. Potesni diri adl suatu kemapuan terpendam yg terdapat dalam diti setiap orang, namun belum diolah dan dimanfaatkan secara optimal. Potensi diri merupakan sumber daya batiniah yg dianugerahkan Tuhan kepada setiap manusia(tidak peduli apakah ia terlahir dlm keadaan normal, memiliki kekurangan fisik, cacat bahkan autis sekalipun) sehinffa setiap orang mungkin utk mencapai segala yg diimpinkannya. Karena itu, semua orang bisa sukses. Masalahnya adalah Tuhan tidak memberitahukan kepada kita, kemampuan apa yg telah Dia berikan kepada kita. Karena itu tugas kitalah utk MENEMUKAN dan MENGEMBANGKAN potensi diri tersebut. "Mereka yg sukses adalah orang yang berhasil menemukan POTENSI DIRI dan mengembangkannya dengan STRATEGI yang tepat".

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar